Rekayasa Perangkat Lunak
Perangkat Lunak (Software)
adalah suatu perangkat yang berisi serangkaian instruksi, program, prosedure, pengendali, pendukung dan aktifitas - aktifitas
pengolahan perintah pada sistem komputer. Dan dalam istilah khusus Perangkat Lunak (Software) untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk
program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan
ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak
berwujud.
Definisi Perangkat Lunak
(PL) adalah :
- Instruksi-instruksi program komputer yang ketika dijalankan menyediakan fitur-fitur, fungsi-fungsi dan kinerja yang dikehendaki
- Struktur data yang memungkinkan programprogram memanipulasi informasi
- Informasi deskriptif pada salinan tercetak dan bentuk-bentuk maya yang menggambarkan pengoperasian dan penggunaan program
A.
Kategori Perangkat Lunak
• PL Sistem (System Software)
• PL Aplikasi (Application
Software)
• PL Rekayasa/Ilmiah (Engineering/Scientific
Software)
• PL yang tertanam (Embedded
Software)
• PL Lini Produk (Product-Line
Software)
• PL Aplikasi Web (Web/Mobile
Applications)
• PL Kecerdasan Buatan (Artificial
Intelligence Software)
B. Jenis Perangkat Lunak
a. Stand-Alone Applications adalah contoh aplikasi seperti aplikasi office pada
PC, program CAD, software manipulasi foto, dll
b. Interactive Transaction-Based Aapplications adalah aplikasi yang mengeksekusi
pada komputer remote dan yang diakses oleh pengguna dari PC mereka sendiri atau
terminal
c.
Batch Processing Systems adalah sistem bisnis yang dirancang untuk memproses
data input yang besar untuk membuat output yang sesuai. Contoh: sistem
penagihan telepon, dan sistem pembayaran gaji
d. Embedded Control Systems adalah sistem kontrol Perangkat Lunak yang mengontrol
dan mengelola perangkat keras, atau sistem yang tertanam pada jenis sistem
lain. Contoh: Perangkat Lunak yang mengontrol pengereman anti-lock mobil, dan
software dalam oven microwave untuk mengontrol proses memasak.
e.
Entertainment Systems adalah sistem yang terutama untuk penggunaan pribadi dan
yang dimaksudkan untuk menghibur pengguna.
f.
Systems for Modelling and Simulation adalah sistem yang dikembangkan untuk
model proses fisik atau situasi, dengan banyak objek yang saling berinteraksi
g. Data Collection Systems adalah
sistem yang mengumpulkan data dari lingkungan mereka menggunakan satu set
sensor dan mengirim data ke sistem lain untuk diproses.
h.
Systems of Systems adalah sistem yang terdiri dari sejumlah sistem PL lain.
C. Kegagalan Perangkat Lunak
Faktor-faktor
penyebab kegagalan Perangkat Lunak:
•
Meningkatnya tuntutan RPL
Membangun sistem yang lebih besar,
sistem yang lebih kompleks menyebabkan tuntutan berubah. Sistem harus dibangun
dan disampaikan lebih cepat, lebih besar, dan lebih kompleks. Sistem harus memiliki
kemampuan baru yang sebelumnya dianggap mustahil.
•
Harapan yang rendah
Hal ini relatif mudah untuk
menulis program komputer tanpa menggunakan metode dan teknik RPL. Banyak
Pengusaha yang tidak menggunakan metode RPL, akibatnya PL lebih mahal dan kurang
dapat diandalkan.
D. Stakeholder dalam RPL
■
Users : adalah orang-orang yang akan menggunakan PL.
■
Customer (client) : adalah orang-orang yang membeli atau memesan PL.
■
Software Developer : adalah orang-orang yang mengembangkan dan memelihara PL.
■Development
Manager: adalah orang-orang yang menjalankan organisasi yang mengembangkan PL,
dan biasanya memiliki latar belakang pendidikan dalam administrasi bisnis.
Rekayasa perangkat lunak
adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara,
dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan
perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.
Definisi
rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis,
disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan
perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan
pendekatan engineering atas perangkat lunak.
Tujuan dari RPL
1. Menghasilkan sebuah perangkat lunak yang berkualitas. Yang
dimaksud dengan berkualitas dapat
2. Tujuan kedua dari RPL
adalah menghasilkan perangkat lunak dengan biaya yang efisien.
Kriteria yang dapat
digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak:
1. Dapat terus dirawat dan dipelihara (maintainability)
2. Dapat mengikuti perkembangan teknologi (dependability)
3. Dapat mengikuti keinginan pengguna (robust)
4. Efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan
penggunaannya
5. Dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan (usability)
Karakteristik dan
Atribut Perangkat Lunak
1. Software merupakan elemen sistem logik dan bukan
elemen sistem fisik seperti hardware.
2. Elemen itu tidak aus, tetapi bisa rusak.
3. Elemen software itu direkayasa atau dikembangkan
dan bukan dibuat di pabrik seperti hardware
4. Software itu tidak bisa dirakit.
PROSES
PERANGKAT LUNAK
•
Suatu proses merupakan sekumpulan aktivitas, aksi, dan tugas yang dijalankan
ketika suatu produk kerja harus dibuat.
•
Sebuah proses PL adalah urutan kegiatan yang mengarah ke produksi produk
software.
•
Empat kegiatan proses PL adalah:
- Spesifikasi PL
- Pengembangan PL
- Software validasi
- Software evolusi
•
Suatu tugas konsentrasi pada tujuan yang kecil tetapi terdefinisi dengan baik.
Mitos Perangkat Lunak
a.
Mitos Manajemen
b. Mitos Pelanggan
c.
Mitos Praktisi
Ficky Saputra
11172006
STMIK Nusa Mandiri