Rekayasa Perangkat Lunak



Perangkat Lunak (Software)
   adalah suatu perangkat yang berisi serangkaian instruksi, program, prosedure, pengendali, pendukung dan aktifitas - aktifitas pengolahan perintah pada sistem komputer. Dan dalam istilah khusus Perangkat Lunak (Software) untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud.

Definisi Perangkat Lunak (PL) adalah :
  • Instruksi-instruksi program komputer yang ketika dijalankan menyediakan fitur-fitur, fungsi-fungsi dan kinerja yang dikehendaki
  • Struktur data yang memungkinkan programprogram memanipulasi informasi
  • Informasi deskriptif pada salinan tercetak dan bentuk-bentuk maya yang menggambarkan pengoperasian dan penggunaan program

A. Kategori Perangkat Lunak

• PL Sistem (System Software)
• PL Aplikasi (Application Software)
• PL Rekayasa/Ilmiah (Engineering/Scientific Software)
• PL yang tertanam (Embedded Software)
• PL Lini Produk (Product-Line Software)
• PL Aplikasi Web (Web/Mobile Applications)
• PL Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence Software)

B. Jenis Perangkat Lunak
a. Stand-Alone Applications adalah contoh aplikasi seperti aplikasi office pada PC, program CAD, software manipulasi foto, dll
b. Interactive Transaction-Based Aapplications adalah aplikasi yang mengeksekusi pada komputer remote dan yang diakses oleh pengguna dari PC mereka sendiri atau terminal
c. Batch Processing Systems adalah sistem bisnis yang dirancang untuk memproses data input yang besar untuk membuat output yang sesuai. Contoh: sistem penagihan telepon, dan sistem pembayaran gaji
d. Embedded Control Systems adalah sistem kontrol Perangkat Lunak yang mengontrol dan mengelola perangkat keras, atau sistem yang tertanam pada jenis sistem lain. Contoh: Perangkat Lunak yang mengontrol pengereman anti-lock mobil, dan software dalam oven microwave untuk mengontrol proses memasak.
e. Entertainment Systems adalah sistem yang terutama untuk penggunaan pribadi dan yang dimaksudkan untuk menghibur pengguna.
f. Systems for Modelling and Simulation adalah sistem yang dikembangkan untuk model proses fisik atau situasi, dengan banyak objek yang saling berinteraksi
g. Data Collection Systems adalah sistem yang mengumpulkan data dari lingkungan mereka menggunakan satu set sensor dan mengirim data ke sistem lain untuk diproses.
h. Systems of Systems adalah sistem yang terdiri dari sejumlah sistem PL lain.

C. Kegagalan Perangkat Lunak
Faktor-faktor penyebab kegagalan Perangkat Lunak:
      • Meningkatnya tuntutan RPL
Membangun sistem yang lebih besar, sistem yang lebih kompleks menyebabkan tuntutan berubah. Sistem harus dibangun dan disampaikan lebih cepat, lebih besar, dan lebih kompleks. Sistem harus memiliki kemampuan baru yang sebelumnya dianggap mustahil.
• Harapan yang rendah
Hal ini relatif mudah untuk menulis program komputer tanpa menggunakan metode dan teknik RPL. Banyak Pengusaha yang tidak menggunakan metode RPL, akibatnya PL lebih mahal dan kurang dapat diandalkan.

D. Stakeholder dalam RPL
■ Users : adalah orang-orang yang akan menggunakan PL.
■ Customer (client) : adalah orang-orang yang membeli atau memesan PL.
■ Software Developer : adalah orang-orang yang mengembangkan dan memelihara PL.
■Development Manager: adalah orang-orang yang menjalankan organisasi yang mengembangkan PL, dan biasanya memiliki latar belakang pendidikan dalam administrasi bisnis.

Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.
Definisi rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.


Tujuan dari RPL
1. Menghasilkan sebuah perangkat lunak yang berkualitas. Yang dimaksud dengan berkualitas dapat  
2. Tujuan kedua dari RPL adalah menghasilkan perangkat lunak dengan biaya yang efisien.

Kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak:
1.    Dapat terus dirawat dan dipelihara (maintainability)
2.    Dapat mengikuti perkembangan teknologi (dependability)
3.    Dapat mengikuti keinginan pengguna (robust)
4.    Efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya
5.    Dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan (usability)



Karakteristik dan Atribut Perangkat Lunak
1.    Software merupakan elemen sistem logik dan bukan elemen sistem fisik seperti hardware.
2.    Elemen itu tidak aus, tetapi bisa rusak.
3.    Elemen software itu direkayasa atau dikembangkan dan bukan dibuat di pabrik seperti hardware
4.    Software itu tidak bisa dirakit.

PROSES PERANGKAT LUNAK
• Suatu proses merupakan sekumpulan aktivitas, aksi, dan tugas yang dijalankan ketika suatu produk kerja harus dibuat.
• Sebuah proses PL adalah urutan kegiatan yang mengarah ke produksi produk software.
• Empat kegiatan proses PL adalah:
  1. Spesifikasi PL
  2. Pengembangan PL
  3. Software validasi
  4. Software evolusi
• Suatu aktivitas berupaya mencapai tujuan umum dan diterapkan tanpa memperhatikan lingkungan aplikasi, tanpa memperhatikan ukuran proyek, tanpa memperhatikan kompleksitas dan usaha, dan tanpa memperhatikan kekakuan dari RPL saat diterapkan.
• Suatu tugas konsentrasi pada tujuan yang kecil tetapi terdefinisi dengan baik.

Mitos Perangkat Lunak
a. Mitos Manajemen
b. Mitos Pelanggan
c. Mitos Praktisi

Ficky Saputra
11172006
STMIK Nusa Mandiri

Postingan populer dari blog ini

Sepetak Surga yang Terletak di Indonesia Timur

Perangkat Jaringan Repeater, Bridge, Network Interface Card (NIC)

IMPLEMENTASI dan PEMELIHARAAN