Tentang Bali


Bali adalah sebuah provinsi di Indonesia yang ibu kota provinsinya bernama Denpasar. Bali juga merupakan salah satu pulau di Kepulauan Nusa Tenggara. Di awal kemerdekaan Indonesia, pulau ini termasuk dalam Provinsi Sunda Kecil yang beribu kota di Singaraja, dan kini terbagi menjadi 3 provinsi: Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.
Selain terdiri dari Pulau Bali, wilayah Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya, yaitu Pulau Nusa PenidaPulau Nusa LembonganPulau Nusa CeninganPulau Serangan, dan Pulau Menjangan.
Geografi


Secara geografis, Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga dikenal dengan julukan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.
Ibu kota Bali adalah Denpasar. Tempat-tempat penting lainnya adalah Ubud sebagai pusat kesenian dan peristirahatan, terletak di Kabupaten GianyarNusa Lembongan adalah sebagai salah satu tempat menyelam (diving), terletak di Kabupaten Klungkung. Sedangkan KutaSeminyakJimbaran dan Nusa Dua adalah beberapa tempat yang menjadi tujuan utama pariwisata, baik wisata pantai maupun tempat peristirahatan, spa, dan lain-lain, terletak di Kabupaten Badung.

Pariwisata
Bali adalah primadona pariwisata Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia. Selain terkenal dengan keindahan alam, terutama pantainya, Bali juga terkenal dengan kesenian dan budayanya yang unik dan menarik. Industri pariwisata berpusat di Bali Selatan dan di beberapa daerah lainnya. Lokasi wisata yang utama adalah Kuta dan sekitarnya seperti Legian dan Seminyak, daerah timur kota seperti Sanur, pusat kota seperti Ubud, dan di daerah selatan seperti Jimbaran, Nusa Dua dan Pecatu. Bali sebagai tempat tujuan wisata yang lengkap dan terpadu memiliki banyak sekali tempat wisata menarik, antara lain: Pantai Kuta, Lempuyang, Pura Tanah Lot, Pantai Padang - Padang, Danau Beratan Bedugul, Garuda Wisnu Kencana (GWK), Pantai Lovina dengan Lumba Lumbanya, Pura Besakih, Uluwatu, Ubud, Munduk, Kintamani, Amed, Tulamben, Pulau Menjangan dan masih banyak yang lainnya. Kini, Bali juga memiliki beberapa pusat wisata yang sarat edukasi untuk anak-anak seperti kebun binatang, museum tiga dimensi, taman bermain air, dan tempat penangkaran kura-kura.

Pantai Pandawa

 





Lempuyang Temple



Bedugul

Bedugul adalah sebuah kawasan wisata dengan danau dan gunung di BaliIndonesia, terletak di bagian tengah pulau di dekat Danau Bratan antara Denpasar dan Singaraja. Daerah ini mencakup desa Bedugul sendiri, Candikuning, Pancasari, Pacung dan Wanagiri.
Bedugul terletak di Kabupaten Tabanan, 48 kilometer (30 mi) di sebelah utara kota Denpasar atau 20 kilometer (12 mi) sebelah selatan Singaraja. Di daerah ini terdapat tiga danau kawah yaitu Danau Bratan, Danau Buyan, dan Danau Tamblingan.
Tempat wisata utama di Bedugul adalah Pura Ulun Danu Bratan dan Kebun Raya Bali. Kebun Raya Bali dibuka pada tahun 1959. Kebun raya ini memiliki luas 157,5 hektare (389 ekar), menjadi salah satu kebun raya terbesar di Indonesia.


Uluwatu
Pura Uluwatu terletak di Desa Pecatu, sebuah Desa yang terletak di kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung-Bali ini sangat terkenal dengan objek wisata andalan yaitu Pura Uluwatu, desa ini juga terkenal dengan tempat dimana banyak hotel & fasilitas wisata berada. Lokasi yang sangat strategis dengan keindahan alam yang luar biasa membuat desa ini dipilih oleh para investor untuk menanamkan modal usahanya, contohlah Bulgari Hotels & Resorts, Bali, Alila Villas Uluwatu, The Istana, Tirtha Bali, The Edge, The Khayangan estate dan masih banyak lagi hotel maupun wedding venue yang dapat and temui di desa satu ini.
Pura  Uluwatu berdiri kokoh dibatu karang yang menjorok ke tengah lautan dengan ketinggian kurang lebih 97 meter membuat pura ini menjadi sangat indah, tebing berbatu disekeliling pura memberikan pemandangan yang sangat luar biasa dan sangat memanjakan mata para wisatawan yang mengunjunginya. Selain itu laut dibawahnya juga tidak kalah menariknya untuk mecuri perhatian para peselancar dunia untuk sekedar menikmati ombak-ombak yang tercipta disebelah kanan Pura Uluwatu. Keindahan panorama disekeliling Pura Uluwatu akan semakin memukau para wisatawan pada saat matahari terbenam/sunset yang dapat dinikmati dari beberapa sisi tebing diseputar pura, apalagi kemudian kehadiran tari kecak Uluwatu yang dipentaskan di panggung terbuka membuat tempat wisata ini semakin diminati oleh wisatawan seluruh dunia.

Taman Ujung
Taman Ujung Karangasem atau sering disebut dengan nama Taman Sukasada, salah satu tempat wisata di Bali timur yang sangat jarang di ketahui oleh wisatawan domestik. Namun banyak dikunjungi wisatawan asing.

Taman Sukada atau turis asing sering menyebutnya dengan nama Taman Ujung Water Palace merupakan sebuah taman dimiliki oleh kerajaan Bali kuno yang dibangun oleh Raja Karangasem yaitu pada masa pemerintahan I Gusti Bagus Jelantik dan memiliki gelar nama Agung Anglurah Ketut Karangasem. Taman yang dibangun sekitar tahun 1901 yang diberi nama awalnya adalah Kolam Dirah yang artinya sebagai tempat pembuangan dan yang menariknya kolam ini sebagai tempat pembuangan orang - orang yang menguasai ilmu hitam dan pada tahun 1909 raja Karangsem memerintahkan dua arsitektur berkebangsaan Belanda bernama Van Den Hentz dan Arsitek Tiongkok Loto Ang. Dan untuk membantu mengembangkan kolam dirah ini menjadi sebuah tempat peristirahatan raja dan keluarga Kerajaan Karangasem Bali dan juga sebagai lokasi bersemedi dan menjamu tamu kerajaan. Tidak hanya itu saja, proses pembangunan Taman Soekasada dibantu oleh artsitek orang Bali yang berasal dari kerajaan Karangasem. Proses pembangunan serta renovasi Taman Ujung Soekasada ini baru selesai di tahun 1921.

Lokasi Taman Ujung Karangasem Bali


Lokasi Taman Ujung Karangasem, berada di banjar Ujung, Desa Tumbu kabupaten Karangasem Bali. Letaknya lumayan jauh dari tempat wisata Kuta Bali. Jika anda menggunakan mobil, akan memakan waktu sekitar dua jam perjalanan, memang lumayan jauh.





Pakaian Adat Bali

Bali merupakan sebuah provinsi yang sangat kaya akan berbagai macam kebudayaan. Salah satu bentuk warisan warga provinsi Bali adalah berbagai macam kebudayaan yang ada.Mulai dalam bentuk pakaian adat, tarian adat, dan lain sebagainya. Pakaian Adat atau sering disebut dengan baju khas Bali seperti yang kita ketahui bahwa Pulau Bali selalu menawarkan beraneka ragam warna-warni yang sangat menarik dalam berbagai macam tampilan. Pakaian adat provinsi Bali secara umum adalah sebagai berikut. Dibawah ini adalah nama-nama pakaian adat provinsi Bali sekarang ini.
  • Pakaian adat untuk pria, yaitu dengan menggunakan penutup kepala atau sering disebut dengan udeng, baju berbentuk jas yang berkerah, kamen, saput, dan yang terakhir selendang
  • Wanita. Untuk wanita daerah provinsi Bali, pakaian adat yang digunakan adalah sanggul, kebaya, kamen dan yang terakhir selendang.
Aksesoris pakaian adat provinsi Bali antara laki laki dan perempuan hampir sama, namun yang membedakan hanyalah pada laki laki memakai udeng dan saput sedangkan pada perempuan tidak memakai saput.


Pakaian Adat Bali Pria
























                                                                                                            Pakaian Adat Bali Wanita























Nusa Penida
Nusa Penida adalah sebuah pulau (nusa) bagian dari negara Republik Indonesia yang terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung. Di dekat pulau ini terdapat juga pulau-pulau kecil lainnya yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Perairan pulau Nusa Penida terkenal dengan kawasan selamnya di antaranya terdapat di Crystal BayManta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh dan Malibu Point.

Destinasi Wisata Nusa Penida Menurut Wilayah

Broken Beach






Angels Billabong



Kelingking Beach
                                                                                                   Paluang Cliff

Crystal Bay

Pusat destinasi wisata di Pulau Nusa Penida ini berada di Nusa Penida bagian barat seperti Pantai Klingking dan Pantai Broken yang terkenal itu. Demikian di bawah ini saya jabarkan destinasi wisata yang ada di Nusa Penida.
Sebelah Selatan Pulau Nusa Penida : Tebing Banah, Pantai Tembeling dan Hutan Tropis, Air Terjun Segaring.
Sebelah Barat Pulau Nusa Penida : Pantai Broken, Angel Billabong, Pohon Cinta, Ayunan Klingking, Pantai Klingking, Tebing Palungan, Teluk Crystal.
Sebelah Timur Pulau Nusa Penida : Pantai Atuh, Pantai Suwehan, Bukit Teletubbies Nusa Penida, Goa Giri Putri dan Vihara Dewi Kwan Im.

Trasnportasi di Nusa Penida

Transportasi Laut


Pelabuhan Sanur di Bali menuju Nusa Penida

Di Pulau Bali tersedia banyak kapal cepat menuju Nusa Penida. Kapal cepat tersedia di hampir setiap pelabuhan di Bali, seperti Pelabuhan Serangan, Pelabuhan Sanur dan Pelabuhan Padangbai mulai dari jam 7 pagi hingga sore hari jam 5, begitu pun dengan jadwal sebaliknya.
Kapal tradisional dengan harga yang relatif murah berangkat setiap hari pada pukul 6 pagi di dekat jembatan gantung antara Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Perahu ini menjadi transportasi yang banyak digunakan oleh penduduk setempat maupun para wisatawan dan seringkali sangat ramai.

Transportasi Darat

Nusa Penida juga menyediakan transportasi darat untuk mobilitas ekonomi penduduk maupun wisatawan. Seperti sewa motor dan sewa mobil dapat dengan mudah ditemui pada setiap dermaga pelabuhan yang ada di Nusa Penida.
Akses jalan di Nusa Penida belum teraspal semua dan belum sebaik di Pulau Bali, pembangunan akses jalan masih dalam pembenahan dan proses lebih baik kedepannya.


Postingan populer dari blog ini

Sepetak Surga yang Terletak di Indonesia Timur

Perangkat Jaringan Repeater, Bridge, Network Interface Card (NIC)

IMPLEMENTASI dan PEMELIHARAAN